Kegiatan 3M (Melipat, Menggunting dan Menempel)
Pamadhi dan
Sukardi dalam Purnamasari dkk (2014:5) mengakatakan bahwa melipat merupakan
kegiatan tersendiri dari 3M. namun kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan
kegiatan mewarnai, menggunting dan menempel, jika seandainya dibutuhkan sebagai
tambahan untuk melengkapi kegiatan melipat.
Melipat kertas
(origami) adalah suatu teknik berkarya seni/ kerajinan tangan yang umumnya
dibuat dari bahan kertas dengan tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk mainan,
hiasan, benda fungsional, alat peraga dan kreasi lain. Andayani (dalam
Purnamasai dkk 2014:5).
Kertas merupakan
benda yang mudah untuk didapatkan, melipat kertas bertujuan untuk membuat
sebuah bentuk yang diinginkan. Kertas yang dapat digunakan juga beragam dapat
menggunakan kertas koran, kertas bekas maupun menggunakan kertas lipat berbagai
warna. Belajar melipat merupakan salah satu pembelajaran untuk anak usia dini,
karena memiliki aspek bermain sambil belajar dan juga menarik minat anak.
Menggunting
merupakan kegiatan yang menarik bagi anak – anak. Menggunting termasuk teknik
dasar untuk membuat aneka bentuk kerajinan tangan, bentuk hiasan dan gambar dari
kertas dengan memakai bantuan alat pemotong. Sumantri ( dalam Indriyani
2014:20) mengemukakan bahwa menggunting adalah memotong berbagai aneka kertas
atau bahan – bahan lain dengan mengikuti alur, garis atau bentuk – bentuk
tertentu merupakan salah satu kegiatan yang mengembangkan motorik halus anak.
Koordinasi mata tangan dapat berkembang melalui kegiatan menggunting. Saat
menggunting jari jemari anka akan bergerak mengikuti pola bentuk yang
digunting.
Sedangkan
menempel adalah salah satu kegiatan yang menarik minat anak – anak karena
berkaitan dengan meletakkan dan merekatkan sesuatu sesuka mereka. Bahan – bahan
yang digunakan untuk direkatkan terdiri dari berbagai bentuk kertas, kain,
bahan – bahan bertekstur dan benda – benda menarik lainnya, bisa 2 dimensi atau
3 dimensi.
Dari tiga pengertian diatas dapat
disimpulkan bahwa kegiatan 3M (melipat, menggunting, dan menempel) merupakan
suatu kegaiatan belajar yang menarik untuk anak usia dini karena kegiatan ini
berbasis pada kegiatan belajar sambil bermain, selain itu kegiatan ini mengasah
kreatifitas pada anak.
Melipat kertas
lipat bukan hanya mainan anak-anak, sebagaimana yang dikemukakan oleh Hiray
Maya (dalam Supatun 2013:5), selain modelnya, aktivitas melipat kertas lipat
itu sendiri ternyata juga sangat disenangi oleh hampir semua anakanak, maka
bagi orang tua yang sudah mengerti manfaat dan nilai positifnya bagi mereka,
tentu tidak akan melewatkan aktivitas, sarana, dan kesempataan ini. Berikut ini
beberapa alasan dan sekaligus manfaat melipat kertas lipat.
1)
Anak
belajar meniru/mengikuti arahan
2)
Anak
belajar berkreativitas
3)
Anak
belajar berimajinasi
4)
Anak
belajar bekarya (seni)
5)
Anak
belajar menghargai/mengapresiasi
6)
Anak
belajar membuat model
7)
Anak
belajar membuat mainan sendiri
8)
Anak
belajar membaca diagram/gambar
9)
Anak
belajar menemukan solusi bagi persoalannya
10)
Anak
belajar perbandingan (proporsi) dan berpikir matematis.
Suratno (dalam Indriyani,
2014:21) menyatakan bahwa kegiatan menggunting dapat melatih otot – otot tangan
dan jari anak serta melatih konsentrasi anak. Selain ada banyaknya manfaat yang
akan didapatkan anak dari kegiatan menggunting diantaranya :
1)
Melatih
motorik halus.
2)
Melatih
koordinasi tangan, mata, dan konsentrasi.
3)
Meningkatkan
kepercayaan diri.
4)
Lancar
menulis.
5)
Ungkapan
ekspresi.
6)
Mengasah
kognitif.
Sedangkan
manfaat kegiatan menempek untuk anak adalah sebagai berikut :
1)
Melatih
Motorik Halus
2)
Meningkatkan
Kreativitas
3)
Melatih
Konsentrasi
4)
Meningkatkan
Kepercayaan Diri
Melipat
kertas origami sesuai dengan petunjuk guru dan kemudian menggunting bagian yang
telah ditentukan merupakan kegiatan yang mengasah motorik halus seorang anak.
Begitu pun dengan kegiatan menempel. Mengambil lem menggunakan jari jemari
kemudian mengoleskan ke bagian yang akan ditempel, anak akan menjadi lebih
terlatih. Semua kegiatan diatas bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan
perkembangan otak secara maksimal mengingat ketika usia dini merupakan masa
pertumbuhan dan perkembangan otak yang sangat pesat.
Ketika
anak melakukan kegiatan 3M (Melipat, menggunting dan menempel) anak akan meliha
hasilnya. Hal tersebut merupakan reword positif yang akan meningkatkan
kepercayaan diri seorang anak dan akan kembali mengulang atau melakuka kegiatan
itu kembali. Gerakan – gerakan halus pada saat melipat, menggunting dan
menempel akan membantu ankan lebih mudah belajar menulis. Kegiatan 3M dapat
menjadi sarana untuk mengungkapkan ekspresi dan kreativitas anak. Koordinasi
mata dan tangan pada saat melakukan kegiatan 3M memberikan stimulasi pada otak
sehingga kemampuan kognitif anak juga terasah.
Eliyawati (dalam Indriyani 2014:22) mengemukakan bahwa
media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dalam prosese komunikasi
pendidikan. Agar pesan – pesan pendidikan yang disampaikan guru dapat diterima
dengan baik oleh anak. Peran media dalam kegiatan pendidikan untuk anak usia
dini sangat penting karena perkembangan anak pada saat itu berada pada masa
berfikir konkrit sehingga anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata.
Media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan 3M (melipat, menggunting dan
menempel) dalam penelitian ini menggunakan media kertas origami yang berwarna –
warni dan diharapkan menarik minat anak.
Cara
membuat 3M merupakan hal yang tidak bisa dikatakan mudah maupun sulit, namun
yang dibutuhkan adalah tingkat imajinasi dan ketelitian yang tinggi. Menurut M.
Hamid Mitarwan (dalam Habsari, 2014:40)
mengungkapkan bahwa biasanya seniman dalam membuat 3M hanya dengan
melipat kertas kemudian memotongnya dan menempel untuk memperoleh bentuk yang
diinginkan. Pembuatan 3M biasanya dilakukan dengan cara melipat-lipat kertas
menjadi beberapa lipatan, mengguntingnya dengan membentuk pola tertentu sehingga
pada saat kertas kembali dibuka dan dikembangkan akan muncul dengan bentuk yang
artistik dan sesuai dengan pola
Adapun
teknik 3M yang
disampaikan oleh M. Hamid Mitarwan (dalam Habsari, 2014:40) yaitu:
1)
Teknik
Memotong dan Menggunting
Teknik
memotong dan menggunting tergantung pada pola yang dibuat dan yang akan
dibentuk. Teknik memotong menggunakan cutter harus menggunakan cutter
yang tajam dan staintess steel dan landasan kaca sehingga hasil
potongan terlihat rapi. Bentuk pola juga mempengaruhi cara memotong, dimulai
dari titik mana saat memotong dan memilih alat untuk memotong. Jika kesulitan
memakai gunting untuk memotong suatu pola, maka dapat digunakan cutter untuk
memotong pola-pola yang rumit seperti lengkungan bola sabit, gambar bentuk hati
yang memiliki lengkungan yang sulit, dan lain-lain.
2)
Teknik
Melipat 3M
Merupakan
lipatan ke dalam, lipatan keluar, membentuk sudut lipatan sebesar 90 derajat,
sudut lipatan bebas, dan ada pula kertas yang tidak dipotong akan tetapi
ditekuk bebas.
Kegiatan
3M merupakan kegiatan yang kreatif dan menarik bagi anak. Kegiatan 3M
membutuhkan langkah – langkah kerja yang memudahkan anak untuk melakukan
kegiatan tersebut.
Tahap
pertama yang harus dilakukan adalah persiapan, dimulai dengan menyiapkan kertas
dan ukuran kertas, kemudian menentukan tema kegiatan melipat. Juga disiapkan
bahan pembantu sesuai dengan tema yang akan dibuat. Warna yang digunakan
usahakan menarik minat anak.
Tahap
kedua adalah pelaksanaan, yaitu melakukan lipatan kertas sesuai dengan tema,
guru memberikan contoh lipatan demi lipat an langsung ditirukan oleh anak.
Setelah lipat sudah jadi mintalah anak untuk menggunting bagian yang telah
ditentukan oleh pendidik.
Kemudian
tahap terakhir yaitu penyelesaian, ketika hasil lipatan dan guntingan telah
usai ajak anak untuk menempel hasil lipatan dan guntingan anak dengan lem di
buku menempel yang telah disediakan yang nantinya dapat ditunjukkan hasil karya
mereka didepan kelas, atau pada orang tua mereka.
Casino & Slots Games in California - Dr.MCD
BalasHapusThis page shows the casino and 사이트 추천 slot machines 남양주 출장마사지 and 김포 출장마사지 how to play them for real 시흥 출장마사지 money in California. Learn how to play slots online and earn real 경상남도 출장샵